Senin, 27 Agustus 2012

Arab Saudi: Kota Khusus Wanita

Kerajaan Arab Saudi bakal membangun kota industri khusus bagi kaum Hawa. Rencananya, kota yang steril dari para pria itu akan dibangun di wilayah Hofuf, Arab Saudi bagian timur.
   Menteri Perumahan dan Pengembangan Pedesaan Saudi Pangeran Mansyur Miteb bin Abdulaziz menyatakan kota industri itu nanti diharapkan bakal menyerap lebih dari 5.000 pekerja perempuan Saudi. Faramasi, makanan, dan tekstil adalah industri yang sudah dipersiapkan oleh pihak kerajaan.
   "Saya yakin ini akan terus berkembang," kata Mansyur. Pengembangan kota khusus wanita Hofuf dilakukan oleh Modon, lembaga penanganan kemiskinan milik Kerajaan Arab Saudi. Pihak kerajaan memperkirakan Hofuf bisa menyerap investasi hingga US$ 133 juta. Dengan begitu, kemungkinan menganggur di antara para wanita sangat kecil.
   Menurut sebuah laporan, jumlah pekerja wanita di Arab Saudi hanya 15 persen dari total tenaga kerjanya. Padahal jumlah pelajar wanita di tingkat universitas mencapai 60%. Surat kabar Al-Arabiya melaporkan sebanyak 78 persen wanita lulusan universitas di Arab Saudi terpaksa menganggur lantaran tiada lapangan kerja.
   Selama puluhan tahun Kerajaan Arab Saudi memberlakukan pemisahan gender di ruang publik.

Sumber: Tempo, 27 Agustus 2012, hal 122.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar